Halaman

Jumat, 13 Juli 2012

PILAR-PILAR PENGOKOH NAFSIAH I

PENDAHULUAN
Syakhshiyah (kepribadian) pada setiap manusia terbentuk
oleh ‘aqliyah (pola pikir) dan nafsiyah (pola sikap)-nya. Bentuk
tubuh, wajah, keserasian (fisik) dan sebagainya bukan unsur
pembentuk syakhshiyah. Sebab semua itu hanyalah kulit
(penampakan lahiriah) semata. Sangat dangkal jika ada yang
beranggapan bahwa semua itu merupakan salah satu faktor yang
membentuk dan mempengaruhi syakhshiyah.
‘Aqliyah (pola pikir) adalah cara yang digunakan untuk
memikirkan sesuatu; yakni cara mengeluarkan keputusan hukum
tentang sesuatu, berdasarkan kaidah tertentu yang diimani dan
diyakini seseorang. Ketika seseorang memikirkan sesuatu untuk
mengeluarkan keputusan hukum terhadapnya dengan menyandar
kepada akidah Islam, maka ‘aqliyah-nya merupakan ‘aqliyah
Islamiyah (pola pikir Islami). Jika tidak seperti itu, maka ‘aqliyahnya
merupakan ‘aqliyah yang lain.
Sedangkan nafsiyah (pola sikap) adalah cara yang
digunakan seseorang untuk memenuhi tuntutan gharizah (naluri)

dan hajat al-’adhawiyah (kebutuhan jasmani); yakni upaya
memenuhi tuntutan tersebut berdasarkan kaidah yang diimani dan
diyakininya. Jika pemenuhan naluri dan kebutuhan jasmani
tersebut dilaksanakan dengan sempurna berdasarkan akidah Islam,
maka nafsiyah-nya dinamakan nafsiyah Islamiyah. Jika pemenuhan
tersebut tidak dilakukan dengan cara seperti itu, berarti nafsiyahnya
merupakan nafsiyah yang lain.
Jika kaidah --yang digunakan-- untuk ‘aqliyah dan
nafsiyah seseorang jenisnya sama, siapa pun dia, maka
syakhshiyah-nya pasti merupakan syakhshiyah yang khas dan
unik. Ketika seseorang menjadikan akidah Islam sebagai asas
bagi ‘aqliyah dan nafsiyah-nya, maka syakhshiyah-nya
merupakan syakhshiyah Islamiyah. Namun, jika tidak demikian,
berarti syakhshiyah-nya adalah syakhshiyah yang lain.
Karena itu (untuk membentuk syakhshiyah Islamiyah),
tidak cukup hanya dengan ‘aqliyah Islamiyah, di mana pemiliknya
bisa mengeluarkan keputusan hukum tentang benda dan perbuatan
sesuai hukum-hukum syara’, sehingga dia mampu menggali
hukum, mengetahui halal dan haram; dia juga memiliki kesadaran
dan pemikiran yang matang, mampu menyatakan ungkapan yang
kuat dan tepat, serta mampu menganilisis berbagai peristiwa
dengan benar. Semuanya itu belum cukup, kecuali setelah nafsiyahnya
juga menjadi nafsiyah Islamiyah, sehingga bisa memenuhi
tuntutan gharizah dan hajat al-’adhawiyah-nya dengan landasan
Islam. Dia akan mengerjakan shalat, puasa, zakat, haji, serta
melaksanakan yang halal dan menjauhi yang haram. Dia berada
dalam posisi yang memang disukai Allah, dan mendekatkan diri
kepada-Nya, melalui apa saja yang telah difardhukan kepadanya,
serta berkeinginan kuat untuk mengerjakan berbagai nafilah, hingga
dia makin bertambah dekat dengan Allah Swt. Dia akan menyikapi
berbagai kejadian dengan sikap yang benar dan tulus,
memerintahkan yang makruf, dan mencegah yang munkar. Juga

mencintai dan membenci karena Allah, dan senantiasa bergaul
dengan sesama manusia dengan akhlak yang baik.
Demikian juga tidak cukup jika nafsiyah-nya merupakan
nafsiyah Islamiyah, sementara ‘aqliyah-nya tidak. Akibatnya, bisa
jadi beribadah kepada Allah dengan kebodohan, yang justru
menyebabkan pelakunya akan tersesat dari jalan yang lurus.
Misalnya, berpuasa pada hari yang diharamkan; shalat pada waktu
yang dimakruhkan, dan bersikap lemah terhadap orang yang
melakukan kemunkaran, bukannya mengingkari dan
mencegahnya. Bisa jadi dia akan bermuamalah dan bersedekah
dengan riba, dengan anggapan, bisa mendekatkan diri kepada
Allah, justru pada saat di mana sebenarnya dia telah tenggelam
dalam kubangan dosanya. Dengan kata lain, dia telah melakukan
kesalahan tapi menyangka telah melakukan kebajikan. Akibatnya,
dia memenuhi tuntutan gharizah dan hajat al-’udhawiyah tidak
sesuai dengan perintah Allah Swt. dan Rasul-Nya saw.
Sesungguhnya syakhshiyah Islamiyah ini tidak akan berjalan
dengan lurus, kecuali jika ‘aqliyah orang tersebut adalah ‘aqliyah
Islamiyah, yang mengetahui hukum-hukum yang memang
dibutuhkannya, dengan senantiasa menambah ilmu-ilmu syariah
sesuai dengan kemampuannya. Pada saat yang sama, nafsiyahnya
juga merupakan nafsiyah Islamiyah, sehingga dia akan
melaksanakan hukum-hukum syara’, bukan sekadar untuk
diketahui, tetapi untuk diterapkan dalam segala urusannya, baik
dengan Penciptanya, dengan dirinya sendiri, maupun dengan
sesamanya, sesuai dengan cara yang memang disukai dan diridhai
oleh Allah Swt.
Jika ‘aqliyah dan nafsiyah-nya telah terikat dengan Islam,
berarti dia telah menjelma menjadi syakhshiyah Islamiyah, yang
akan melapangkan jalannya menuju kebaikan di tengah-tengah
berbagai kesulitan, dan dia pun tidak pernah takut terhadap celaan
orang yang mencela, semata-mata karena Allah.

Hanya saja, tidak berarti dalam diri prilakunyatidak akan
pernah ada kecacatan. Tetapi (kalaulah ada), kecacatan tersebut
tidak akan mempengaruhi syakhshiyah-nya selama kecacatannya
bukan perkara pangkal (dalam kepribadiannya), melainkan
pengecualian (kadang terjadi, kadang tidak). Alasannya, karena
manusia bukanlah malaikat. Dia bisa saja melakukan kesalahan,
lalu memohon ampunan dan bertaubat. Bisa juga dia melakukan
kebenaran, lalu memuji Allah atas kebaikan, karunia, dan hidayah-
Nya.
Ketika seorang muslim meningkatkan tsaqafah Islamnya
untuk meningkatkan ‘aqliyah-nya, dan meningkatkan ketaatannya
untuk memperkuat nafsiyah-nya; ketika dia berjalan menuju puncak
kemuliaan, dan teguh dalam mengarungi puncak kemuliaan,
bahkan semakin tinggi, dari yang tinggi ke yang lebih tinggi lagi;
dalam kondisi seperti ini, dia bisa menguasai kehidupan (dunia)
dengan sesungguhnya, serta memperoleh kebahagian akhirat
melalui segala usahanya ke sana, dengan keyakinan penuh. Dia
akan menjadi orang yang senantiasa dekat dengan mihrab, pada
saat yang sama menjadi pahlawan perang (jihad). Predikatnya yang
tertinggi adalah bahwa dia merupakan hamba Allah Swt.,
Penciptanya.
Di dalam buku ini, kami mempersembahkan kepada kaum
Muslim umumnya, dan para pengemban dakwah khususnya,
beberapa pilar pengokoh nafsiyah Islamiyah, supaya lisan para
pengemban dakwah —yang sedang berjuang untuk menegakkan
Khilafah— senantiasa basah dengan dzikir kepada Allah; hatinya
senantiasa dipenuhi dengan ketakwaan kepada Allah; anggota
badannya senantiasa bergegas melaksanakan berbagai kebaikan.
Membaca al-Quran dan mengamalkannya, serta mencintai Allah
dan Rasul-Nya. Suka dan benci karena Allah. Senantisa
mengharapkan rahmat Allah, dan takut akan azab-Nya. Bersabar
sembari terus melakukan instrospeksi, disertai kepatuhan penuh

kepada Allah dan bertawakal kepada-Nya. Konsisten dalam
memegang kebenaran, bagai gunung yang tinggi menjulang.
Bersikap lemah-lembut dan penuh kasih sayang kepada orangorang
Mukmin, dan bersikap keras dan terhormat di hadapan
orang-orang kafir. Dia tidak terpengaruh oleh caci maki orang yang
mencaci maki, semata karena Allah; akhlaknya baik, tutur katanya
manis, hujjahnya kuat, dan senantiasa menyerukan kepada yang
makruf dan mencegah kemunkaran. Dia melangkah dan beramal
di dunia, sementara kedua matanya senantiasa menatap nun jauh
di sana (negeri akhirat), surga yang luasnya seluas langit dan bumi,
yang telah disediakan untuk orang-orang yang bertakwa.
Tak lupa, kami juga ingin mengingatkan para pengemban
dakwah yang tengah berjuang demi melanjutkan kembali
kehidupan Islam di muka bumi ini dengan menegakkan negara
Khilafah Rasyidah. Kami ingin mengingatkan mereka tentang
kondisi riil tempat mereka berkiprah. Sesungguhnya goncangan
yang bertubi-tubi dari musuh-musuh Allah dan Rasul-Nya sedang
mengepung mereka. Sementara, jika mereka tidak bersama Allah
di tengah malam dan di ujung-ujung waktu siang hari, bagaimana
mungkin mereka bisa membuka jalan di tengah-tengah berbagai
kesulitan? Bagaimana mungkin mereka bisa meraih apa yang
mereka harapkan? Bagaimana mungkin mereka bisa mendaki
tempat yang tinggi dan menuju ke tempat yang lebih tinggi lagi?
Bagaimana dan bagaimana?
Terakhir, hendaknya para pengemban dakwah kembali
menelaah dan menghayati dua hadits yang bisa menerangi dan
membimbing jalan mereka untuk meraih tujuan mereka. Cahaya
itu kelak akan membimbing kedua kaki mereka.

« خِ َ لاَفٌة عَلى مِن هاجِ النب و ةِ
Permulaan agama kalian adalah kenabian dan rahmat, kemudian
Khilafah yang mengikuti metode kenabian… kemudian akan
kembali lagi Khilafah yang sesuai dengan metode kenabian.

Dalam hadits ini terdapat kabar gembira, bahwa Khilafah akan
kembali lagi dengan izin Allah. Tetapi, Khilafah tersebut akan
kembali seperti Khilafah yang pertama, yaitu kekhilafahan para
Khalifah yang mendapatkan petunjuk, para sahabat Rasulullah saw.
Maka, siapa saja yang berambisi untuk mengembalikan-nya, dan
rindu untuk melihatnya, hendaklah dia melangkahkan langkahnya
ke sana, disertai keyakinan, agar dia bisa seperti para sahabat
Rasulullah saw. atau orang-orang seperti mereka.

آدم َل ن ت درِ ك ما عِندِي إِلاَّ بَِأداءِ ما اْفتر ضته عَلي ك، ولا يزا ُ ل عبدِ ي
إِنَّ اللهَ سب حانه َقا َ ل: م ن َأ ها َ ن لِ ي ولِيا َفَق د بَا ر زنِ ى فِي اْلع دا وةِ، اب ن
يتَقر ب إَِل ي بِالن وافِلِ حت ى ُأحِب ه َفَأ ُ ك ونَ َقْلبه الَّذِي ي عقِ ُ ل بِهِ، ولِ سان  ه
َأ ع َ طيته، وَإَذا ا ستن صرنِ ي ن ص رته، وَأ ح ب عِبادةِ عبدِ ي إَِل ي االنصِي حُة
الَّذِي ينطِ ق بِهِ، وب صره الَّذِي يبصِر بِهِ، َفإَِذا د عانِ ي َأ جبته، وإَِذا سَأَلنِي

Sesungguhnya Allah Swt. berfirman, “Barangsiapa menghinakan wali
(kekasih)-Ku, ia telah terang-terangan memusuhi-Ku. Wahai Anak
Adam, engkau tidak akan mendapatkan apa saja yang ada pada-Ku
kecuali dengan melaksanakan perkara yang telah Aku fardhukan
kepadamu. Hamba-Ku yang terus-menerus mendekatkan dirinya
kepada-Ku dengan melaksanakan ibadah sunah, maka pasti Aku akan

mencintainya. Maka (jika Aku telah mencintainya) Aku akan menjadi
hatinya yang ia berpikir dengannya; Aku akan menjadi lisannya yang
ia berbicara dengannya; dan Aku akan menjadi matanya yang ia
melihat dengannya. Jika ia berdoa kepada-Ku, maka pasti Aku akan
mengabulkannya. Jika ia meminta kepada-Ku, maka pasti Aku akan
memberinya. Jika ia meminta pertolongan kepada-Ku, maka pasti
Aku akan menolongnya. Ibadah hamba-Ku yang paling Aku cintai
adalah memberikan nasihat.” (Dikeluarkan oleh ath-Thabrâni
dalam kitab al-Kabir)
Hadits ini berisi penjelasan mengenai jalan untuk meraih
pertolongan dan bantuan Allah, serta dukungan dari sisi-Nya dengan
mendekatkan diri kepada-Nya, dan memohon pertolongan kepada-
Nya. Dialah Dzat yang Maha Kuat dan Perkasa. Siapa saja yang
membela Allah, dia tidak akan pernah dihinakan. Sebaliknya, siapa
saja yang menghina-Nya, maka dia tidak akan pernah diberi
pertolongan. Dia sangat dekat dengan hamba-Nya, ketika dia berdoa
kepada-Nya. Dia Maha mengabulkan doa hamba-Nya, ketika dia
memohon untuk dikabulkan. Dialah Dzat yang Maha Perkasa di atas
hamba-Nya. Dialah Dzat yang Maha Lembut dan Maha Mengetahui.
Karena itulah wahai saudaraku, bersegeralah kalian
menggapai ridha dan ampunan Allah, juga menggapai surga dan
pertolongan-Nya, serta keberuntungan di dunia dan akhirat. Allah
Swt. berfirman:
Dalam yang demikian itu hendaklah orang-orang yang berlomba
bersegera mengadakan perlombaan. (TQS. al-Muthafifîn [83]:
26)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar